PHI

Kamis, 9 September 2021

Sangasanga Field Serahkan Bantuan Bagi Korban Banjir di Kecamatan Samboja
Sangasanga Field Serahkan Bantuan Bagi Korban Banjir di Kecamatan Samboja

Sangasanga, Kutai Kartanegara – Tingginya intensitas curah hujan sejak Jumat dini hari (3/9) mengakibatkan beberapa wilayah di Kecamatan Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara terendam banjir. Sangasanga Field, lapangan migas Pertamina EP (PEP) yang tergabung dalam Pertamina Subholding Upstream Regional 3 Kalimantan Zona 9, melaksanakan aksi tanggap darurat bencana dengan menjumpai para korban sekaligus menyerahkan bantuan bahan makanan.

Senior Manager Sangasanga Field, Gondo Irawan, menyerahkan 50 paket bantuan untuk Kecamatan Samboja yang diterima oleh Wakil Bupati Kukar, H Rendi Solihin, di Kantor PMI yang juga berfungsi sebagai Posko Dapur Umum Kecamatan Samboja, Sabtu (04/09).  Turut hadir kepala BPNB Kabupaten Kutai Kartanegara, Muspika Kecamatan Samboja, serta beberapa personil perusahaan diantaranya Guruh Prasetyo dari fungsi Petroleum Engineering, Adhitya Ryan Saputra dari fungsi HSSE, dan Arif Atmoko dari Security. Setelah penyerahan bantuan, kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan kondisi rumah warga di lokasi banjir Kelurahan Tanjung Harapan, Kecamatan Samboja.

Akhmad Nurkhalis, Camat Samboja menyampaikan apresiasinya kepada PEP Sangasanga atas respon yang cepat dalam memberikan bantuan kepada warga korban bencana banjir tersebut. “Bahan makanan yang diberikan kepada kami ini akan diolah di Dapur Umum, kemudian akan kami distribusikan kepada masyarakat yang terdampak banjir,” ujarnya.

 

Selain itu, tim PEP Sangasanga juga mengunjungi Kelurahan Kampung Lama yang merupakan wilayah Ring 2 perusahaan. Di desa ini perusahaan melaksanakan program CSR Perusahaan bertajuk Ekoriparian Sungai Hitam Lestari, yakni pelestarian kawasan wisata pinggir sungai berbasis edukasi lingkungan. Program ini dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Sungai Hitam Lestari sebagai mitra binaan perusahaan. Pada bencana banjir yang terjadi, sebanyak 27 orang anggota Pokdarwis Sungai Hitam Lestari menjadi korban terdampak dan mengalami kesulitan memenuhi kebutuhan sehari–hari.

PEP Sangasanga Field menyalurkan bantuan 20 kardus mie instan, 50 kaleng ikan sarden, dan peralatan makan. Bantuan diterima oleh Aidil, Ketua Pokdarwis selaku perwakilan dari warga terdampak banjir. Aidil menyampaikan apresiasinya terhadap PEP Sangasanga.

Pada kesempatan yang sama Gondo menyampaikan keprihatinannya serta turut mendoakan agar air segera surut. “Mari bersama–sama kita berdoa agar banjir di Samboja cepat surut dan di kemudian hari Samboja terhindar dari banjir. Kita bersama juga harus menjaga lingkungan agar banjir ini tidak datang lagi. Semoga masyarakat Samboja tetap tabah dalam menghadapi peristiwa ini dan tetap diberikan kesehatan,” ungkapnya.

Berdasarkan Data Sistem Operasi Terpadu (SOT) SKK Migas tanggal 05 September year-to-date, produksi minyak PEP Sangasanga mencapai 4.878 BOPD dan produksi gas berkisar pada angka 3.4243 MMSCFD. Selain Sangasanga, lapangan-lapangan migas yang tergabung dalam Zona 9 Regional 3 Kalimantan adalah PEP Sangatta, PEP Tanjung serta Pertamina Hulu Sanga Sanga (PHSS).

  @Pertamina