PHI

Rabu, 1 September 2021

Sangasanga Field Bersama Masyarakat Tanam 500 Bibit Pohon Trembesi dan Mahoni
Sangasanga Field Bersama Masyarakat Tanam 500 Bibit Pohon Trembesi dan Mahoni

Kutai Kartanegara - Sangasanga Field, salah satu lapangan migas Pertamina EP (PEP) yang tergabung dalam Pertamina Subholding Upstream Regional 3 Kalimantan Zona 9, melaksanakan penanaman 500 pohon trembesi dan mahoni dalam rangka penghijauan pada 27 Agustus 2021 lalu. Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara PEP Sangasanga Field dengan dua mitra binaan yakni Kelompok Masyarakat Karya Teratai dan Kelompok Tani Setaria.

Dalam kegiatan itu ditanam 500 batang pohon jenis trembesi (Samanea saman) dan mahoni (Swietenia mahagoni) berlokasi di sekitar area sumur LSE 1080. Kegiatan di lapangan tersebut dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Hadir dalam kegiatan itu Senior Manager Sangasanga Field, Gondo Irawan, dan Muspika Sangasanga, yakni: Camat Sangasanga, Gunawan, Kapolsek Sangasanga, Iptu Agus Fitrianto, dan Danramil Sangasanga, Kapten Agus.

Dalam sambutannya, Gondo menyampaikan perlindungan lingkungan sudah merupakan komitmen perusahaan sehingga pihaknya mendukung penuh kegiatan ini. “Dengan upaya penghijauan ini kami berharap masyarakat menjadi lebih sejahtera karena kualitas lingkungannya terjaga. Semoga bencana alam seperti banjir dan longsor dapat menurun melalui upaya mempertahankan kualitas lingkungan,” katanya. Dengan antusias, Gunawan menutup lubang galian di sekitar pohon mahoni yang ditanamnya sambil berujar, “Bismillahirrahmanirrahim, saya nikahkan engkau pohon dengan tanah, dengan maharnya tanah urug dan air. Semoga ke depannya dapat tumbuh dengan subur, agar dapat menjaga kelestarian lingkungan untuk anak cucu kami di Sangasanga khususnya, Indonesia pada umumnya dan lebih jauh dapat bermanfaat untuk dunia.”

Masyarakat yang terlibat dalam kegiatan penanaman pohon ini juga antusias, pada umumnya mereka berharap upaya-upaya penghijauan seperti ini dapat meningkatkan kesadaran anggota masyarakat yang lain dalam mendukung tercapainya lingkungan lestari di sekitar tempat tinggal mereka.

Berdasarkan Data Sistem Operasi Terpadu (SOT) SKK Migas tanggal 30 Agustus 2021 year-to-date, produksi minyak mentah PEP Sangasanga mencapai 4.976 BOPD dan produksi gas berkisar pada angka 3,34 kaki kubik perhari. Selain Sangasanga, lapangan – lapangan migas yang tergabung dalam Zona 9 Regional 3 Kalimantan adalah PEP Sangatta, Pertamina Hulu Sanga Sanga (PHSS) serta PEP Tanjung.

  @Pertamina