PHI
PROFIL PERUSAHAAN

SIAPA KAMI

PT Pertamina Hulu Indonesia memainkan peranan penting dalam menghasilkan minyak bumi dan gas alam dari Wilayah Kalimantan yang diperlukan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan pembangunan Indonesia.

Sebagai salah satu Anak Perusahaan PT Pertamina (Persero), PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) bergerak di bidang hulu Minyak dan Gas (migas) sebagai operation holding company yang mengendalikan, mengelola aset, dan kegiatan usaha bisnis hulu migas di dalam negeri untuk Wilayah Kerja (WK) yang berada di Kalimantan.

Meskipun PHI secara resmi baru berdiri pada tahun 2015 namun jejak kemitraan dengan masyarakat Kalimantan dapat ditelusuri sekitar setengah abad yang lalu yang merupakan bagian dari sejarah keberadaan operasi migas yang mengelola wilayah-wilayah kerja yang telah diserahkan kepada PHI, yaitu WK Mahakam, WK Sanga Sanga dan WK Kalimantan Timur & Attaka.

Kami menjalankan operasi migas di wilayah Kalimantan, khususnya Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Utara melalui PT Pertamina Hulu Mahakam, PT Pertamina Hulu Sanga Sanga, PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur, PT Pertamina Hulu West Ganal, PT Pertamina EP Aset 5, dan afiliasi lainnya.

Tahun 2020, PHI memproduksi rata-rata sekitar 51,7 ribu barel minyak per hari (MBOPD) dan 727,5 juta meter standar kaki kubik gas per hari (MMSCFD) yang setara dengan sekitar 13% dan 28% produksi minyak dan gas Pertamina.

Dengan komitmen yang tinggi lebih dari 2800 pekerja yang memiliki pengalaman global dan kinerja unggul, kami terus melakukan berbagai inovasi teknologi dan kreativitas, inisiatif efisiensi, sinergi dan kolaborasi dengan anak perusahaan Pertamina lainnya sehingga dapat terus menghasilkan energi bagi Indonesia dan menciptakan nilai bagi seluruh pemangku kepentingan terutama Pemerintah dan rakyat Indonesia.

PT Pertamina Hulu Indonesia saat ini mengelolaan 4 (empat) Wilayah Kerja eks terminasi yaitu:

PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM)

Efektif beroperasi pada:
1 Januari 2018

Selengkapnya

PT Pertamina Hulu Sanga Sanga (PHSS)

Efektif beroperasi pada:
8 Agustus 2018

Selengkapnya

PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT)

Efektif beroperasi pada:
25 Oktober 2018

Selengkapnya

PT Pertamina Hulu West Ganal (PHWG)

Efektif beroperasi pada:
26 Januari 2020

Selengkapnya

SEJARAH PENDIRIAN PERUSAHAAN

28 Desember 2015

PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI)

Didirikan pada tanggal 28 Desember 2015 sesuai dengan akta Pendirian Perseroan Terbatas yang dibuat oleh Notaris Lenny Ishak, SH., No.39. PT PHI mulai efektif menjalankan fungsi sebagai operation holding company, saat dibentuk Tim Persiapan Pengelola WK Mahakam (TPPM) pada tanggal 2 Agustus 2016. Pemegang saham PHI yaitu PT Pertamina (Persero) sebesar 99,93% dan PT Pertamina Pedeve Indonesia sebesar 0,07%.
29 Desember 2015

PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM)

Didirikan pada tanggal 29 Desember 2015 sesuai dengan akta Pendirian Perseroan Terbatas yang dibuat oleh Notaris Lenny Ishak, SH., No.40. PT PHM mulai efektif mengelola blok Mahakam sejak 1 Januari 2018.
27 Juli 2017

PT Pertamina Hulu Sanga Sanga (PHSS)

Didirikan 27 Juli 2017 sesuai dengan akta Pendirian Perseroan Terbatas yang dibuat oleh Notaris Marianne Vincentia Hamdani, SH., No. 20. PT PHSS mulai efektif mengelola blok Sanga Sanga sejak 8 Agustus 2018.
27 Juli 2017

PT Pertamina Hulu Attaka (PHA)

Didirikan pada tanggal 27 Juli 2017 sesuai dengan akta Pendirian Perseroan Terbatas yang dibuat oleh Notaris Marianne Vincentia Hamdani, SH., No. 21. PT PHA mulai efektif mengelola blok Attaka sejak 1 Januari 2018.
20 Maret 2018

PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT)

Didirikan pada tanggal 20 Maret 2018 sesuai dengan akta Pendirian Perseroan Terbatas yang dibuat oleh Notaris Marianne Vincentia Hamdani, SH,, No.71. PT PHKT mulai efektif mengelola blok East Kalimantan, sejak 25 Oktober 2018.
19 September 2019

PT Pertamina Hulu West Ganal (PHWG)

  @Pertamina