PHI
KOMITMEN &
RESPONSIBILITAS

KOMITMEN KAMI

Komitmen PT Pertamina Hulu Indonesia untuk menjaga dan meningkatkan tata kelola perusahaan, manajemen risiko dan pengendalian internal dalam rangka memberikan nilai tambah bagi perusahaan, diwujudkan dalam Tata Kelola Perusahaan Yang Baik (Good Corporate Governance), Tata Nilai Perusahaan dan Pedoman Perilaku.

Good Corporate Governance

Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance, selanjutnya disebut GCG) menjadi pedoman dalam pengelolaan perusahaan. Sehingga, perusahaan dapat melaksanakan praktik terbaik dalam memaksimalkan nilai-nilai; melaksanakan kegiatan usaha yang efektif dan efisien; pengelolaan perusahaan yang profesional dan mandiri; menciptakan pengambilan keputusan oleh seluruh organ perusahaan berdasarkan pada nilai moral dan kepatuhan terhadap peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, memberikan perlindungan dan perlakuan adil bagi pemegang saham dan pemangku kepentingan lainnya secara maksimal, serta memberdayakan energi untuk inovasi yang berkelanjutan.

SELENGKAPNYA  

Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL)

PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) menjalankan program-program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) atau Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai wujud komitmen Perusahaan terhadap pembangunan yang berkelanjutan dengan memberikan manfaat pada ekonomi, sosial, lingkungan serta hukum dan tata kelola dengan prinsip yang lebih terintegrasi, terarah, terukur dampaknya, dapat dipertanggungjawabkan, dan merupakan bagian dari pendekatan bisnis perusahaan.

Pelaksanaan program-program TJSL PHI sejalan dengan peraturan dan perundangan sebagai berikut :

  • UU No. 19 tahun 2003 tentang Badan Usaha Milik Negara
  • UU No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas dan
  • Peraturan Menteri BUMN PER-05/MBU/04/2021 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Badan Usaha Milik Negara
  • Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. 01 Tahun 2021 tentang Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan .

SELENGKAPNYA  

QHSSE

PHI melalui fungsi HSSE bertujuan untuk mencegah kecelakaan dan kesehatan kerja, zero LTI, mencegah pencemaran lingkungan dan melakukan inovasi dan efisiensi untuk mendukung keberlangsungan bisnis. Program kerja yang akan dilakukankan yang diwujudkan dalam bentuk indicator kinerja yaitu menurunkan angka Total Recordable Injury Rate (TRIR), mendapatkan peringkat Program Peringkat Kinerja Pengelolaan Lingkungan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (PRO PER) Hijau “beyond compliance”, mendapatkan level International Sustainabiliy Rating System (ISRS) series 8 di level 7-8, implementasi pilar Quality yaitu Continous Improvement Program (CIP), persiapan audit Quality Management Assessment (QMA), melakukan Audit Terintegrasi (Sistem Manajemen Pengamanan, Survey Budaya dan Fitness to Work) dan Audit Contractor HSE Management System.

SELENGKAPNYA  

PROGRAM PERLINDUNGAN KEANEKARAGAMAN HAYATI

Melestarikan keanekaragaman hayati penting untuk mendorong perkembangan dan kesejahteraan setiap unsur kehidupan, yang mencakup aneka ragam kehidupan. Perusahaan energi mempunyai tantangan untuk memenuhi permintaan akan minyak dan gas, dan pada saat yang bersamaan, perusahaan juga bertemu dengan masyarakat yang mengharapkan tanggung jawabnya dalam aspek sosial dan lingkungan, termasuk perlindungan keanekaragaman hayati di daerah sekitar operasi perusahaan.

Dalam menjalankan operasinya Pertamina Hulu Indonesia (PHI) senantiasa mematuhi persyaratan peraturan lingkungan, dan juga melaksanakan berbagai program yang tidak hanya memenuhi persyaratan peraturan saja (beyond compliance) dalam melestarikan keanekaragaman hayati. PHI mengintegrasikan pengelolaan keanekaragaman hayati dengan memastikan keberlanjutan ekosistem, mencegah dan meminimalkan dampak aktivitas terhadap keanekaragaman hayati, sepanjang siklus hidup fasilitas dan proyek di seluruh wilayah operasi perusahaan.

SELENGKAPNYA  

  @Pertamina