PHI
PRODUKSI GAS

PRODUKSI GAS

Selama tahun 2018, Pertamina Hulu Indonesia berhasil memproduksi 929 mmscfd (Million Standard Cubic Feet per Day) atau Standar Juta Kaki Kubik per Hari.  Gas yang diproduksi di distribusikan untuk konsumen dalam negeri dan luar negeri, yaitu :

Konsumen Dalam Negeri

  • A. Refinery Unit Pertamina

    Sebagai salah satu bentuk sinergi dan upaya dalam creating value optimal secara korporasi, gas yang dihasilkan juga digunakan untuk memenuhi kebutuhan Refinery Unit V di Balikpapan, Kalimantan Timur. Gas yang dialirkan saat ini merupakan gas yang diproduksikan oleh PHKT. Untuk mempertahankan kehandalan serta keberlanjutan pasokan gas kedepannya, juga dilaksanakan sinergi dengan melibatkan PHM sebagai salah satu pemasok gas.

  • B. Jaringan Gas Rumah Tangga (JARGAS)

    Dalam upaya mendukung program pemerintah untuk peningkatan dan pemerataan penggunaan gas dalam Negeri, PHKT dan PHM telah berpartisipasi sebagai pemasok Utama gas kepada konsumen Rumah Tangga dan SPBG di 2 daerah Kalimantan Timur, yaitu Bontang dan Balikpapan. Untuk pendistribusian gas ke konsumen, PHM dan PHKT berkerjasama dengan pelaksana yang telah ditunjuk Pemerintah, yaitu PT Pertamina (Persero).

  • C. Kelistrikan

    Pasokan gas untuk sektor kelistrikan juga telah dilaksanakan oleh PHM, PHSS, dan PHKT, yaitu kepada PT PLN (Persero), PT Bontang Migas Energi, Perusahaan Daerah Kelistrikan & Sumber Daya Energi Kukar (IPP Senipah), dan PT Kaltim Daya Mandiri.

  • D. Pabrik Pupuk dan Petrokimia

    Konsumen utama gas pipa di daerah Kalimantan Timur adalah industri pupuk dan petrokimia. Produk utama dari konsumen adalah Urea dan Amonia, sehingga harga jual gas kepada industri ini juga dikaitkan dengan produk tersebut. Konsumen dalam sektor ini diantaranya: PT Pupuk Kaltim, PT Kaltim Methanol Industri, dan PT Kaltim Parna Industri.

  • E. Nusantara Regas (Kontrak NR)

    Kontrak NR merupakan kontrak LNG pertama kepada pembeli domestik di Indonesia, dengan pengiriman kargo mulai tahun 2012 dan akan berakhir di 2022. LNG dari Kontrak NR akan dikapalkan untuk dikirimkan ke FSRU Nusantara Regas di Teluk Jakarta.

     

Konsumen Luar Negeri

LNG merupakan gas yang dicairkan pada kondisi tekanan atmosfer dengan suhu sekitar -160oC. Saat ini terdapat 3 kontrak LNG jangka panjang, yaitu kontrak 1973 3rd A/R, 1981 3rd A/R (Bersama-sama disebut “Kontrak WBX”). Kontrak WBX merupakan kontrak LNG kepada para pembeli Jepang, efektif mulai tahun 2011 dan berakhir di 2020. Seluruh pengapalan LNG dilaksanakan dari terminal Kilang LNG Badak yang berlokasi di Bontang, Kalimantan Timur, yang saat ini dioperasikan oleh PT Badak NGL.

POMA

POMA (Pipeline Operation Maintenance & Agreement) adalah sistem distribusi Minyak dan Gas melalui pipa yang memanjang dari Senipah hingga ke Bontang sejauh 878 Km. Saluran pipa ini membawa minyak dan gas yang berasal dari Anak Perusahaan PHI ke PT LNG Badak di Bontang untuk gas dan ke Tanjung Santan untuk minyak. Saat ini POMA Operator di tangani oleh Pertamina Hulu Mahakam.

  @Pertamina

Website Security Test