PHI

Selasa, 25 Februari 2020

Perlombaan First Aid PHI, Tingkatkan Keahlian Tim Tanggap Darurat
Perlombaan First Aid PHI, Tingkatkan Keahlian Tim Tanggap Darurat

JAKARTA, Kamis (20/02) – Dalam rangka peringatan bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) nasional, PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) mengadakan Medical ERT (Medical Emergency Team) Challenge 2020 di lapangan bola outdoor Gedung Graha Elnusa, 20-21 Feb 2020.

Selain bertujuan untuk memeriahkan bulan K3, kegiatan ini juga bertujuan untuk menjalin kerjasama antar Tim Tanggap Darurat Medis dalam menghadapi keadaan darurat (medis) yang sesungguhnya dan sebagai wadah sosialisasi Corporate Life Saving Rules (CLSR) di lingkungan Pertamina Hulu Indonesia. 

Tim Tanggap Darurat Medis (ERT) yang ikut berpartisipasi adalah tim dari PT Pertamina (Persero), PHI Jakarta office, Pertamina Hulu Mahakam (PHM), Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT), Pertamina Hulu Sanga Sanga (PHSS), dan Elnusa Tbk. 

Perlombaan dibuka oleh Manager Manager Quality Management & Environment Pertamina Hulu Indonesia, Yudi Pantja Putera. Asesor yang terlibat, berasal dari eksternal Pertamina, yaitu Yayasan Ambulans GADAR 118 (M. Syukri dan Anggi), Medika Plaza (Steven Pangsoli) dan internal Pertamina, yaitu Pertamina Korporat (Fajar Abas Kristianto), PHSS (Dr. Budi Setiawan Muchtar, MKK dan Achmad Zuhal), PHKT (Dr. Ricky Pardede) dan PHM (Dr. Octavio Soares, Edwin Romadhona, & Aulia Wildan).

Peserta dikelom­pokkan ke dalam regu yang beranggotakan tujuh orang untuk ber­­lomba dengan materi seputar pengetahuan dasar dan alat-alat First Aider, keterampilan pemberian bantuan dasar untuk kasus trauma dan non trauma (Resusitasi Jantung Paru dengan dan/tanpa Automated External Defibrillator), kebugaran fisik (ERT Fitness Drill), dan CLSR (Corporate Life Saving Rules).

Tantangan perlombaan pada hari 1, dilakukan tes tertulis dan praktik bantuan hidup dasar, serta simulasi pertolongan pada kecelakaan lalu lintas dengan banyak korban. 

Tantangan pada hari 2, dilakukan fitness/kebugaran drill, games (CLSR, pemadaman menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan fire blanket, pengetahuan dan praktik P3K.

Interaksi selama kegiatan antar peserta dan asesor diharapkan bukan sekedar untuk penilaian semata-mata tetapi juga untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan seluruh tim. 

Demi menjaga kelancaran dan kesuksesan acara, peserta yang boleh mengikuti tantangan hanya yang sudah lolos Medical Check Up (MCU), verifikasi dokter perusahaan, dan pemeriksaan harian kesehatan sebelum kegiatan. 

Dalam perlombaan ini dipilih para juara untuk Kategori :

  • Stasiun 1 : BLS Plus Challenge :
    • Medali Emas oleh Tim PHM, Medali Perak oleh Tim PHI dan Medali Perunggu oleh Tim PHKT
  • Stasiun 2 : MVAR Challenge :
    • Medali Emas oleh Tim PHM, Medali Perak oleh Tim PHI dan Medali Perunggu oleh Tim PHSS
  • Stasiun 3 : ERT Fitness Drill Plus :
    • Medali Emas oleh Tim Kantor Pusat Pertamina, Medali Perak oleh Tim PHM dan Medali Perunggu oleh Tim PHKT
  • Kapten Terbaik : Kapten Tim PHSS
  • Tim Favorit : PT Elnusa Tbk.

Dengan hasil tersebut PHM menjadi Juara umum 1 disusul oleh tim Pertamina (Persero) dan PHI menyabet posisi Juara umum 3.

 

  @Pertamina

Website Security Test