PHI
PROFIL PERUSAHAAN

SIAPA KAMI

PT Pertamina Hulu Indonesia memainkan peranan penting dalam menghasilkan minyak bumi dan gas alam dari Wilayah Kalimantan yang diperlukan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan pembangunan Indonesia.

Sebagai salah satu Anak Perusahaan PT Pertamina (Persero), PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) bergerak di bidang hulu Minyak dan Gas (migas) sebagai operation holding company yang mengendalikan, mengelola aset, dan kegiatan usaha bisnis hulu migas di dalam negeri untuk Wilayah Kerja (WK) yang berada di Kalimantan.

Meskipun PHI secara resmi baru berdiri pada tahun 2015 namun jejak kemitraan dengan masyarakat Kalimantan dapat ditelusuri sekitar setengah abad yang lalu yang merupakan bagian dari sejarah keberadaan operasi migas yang mengelola wilayah-wilayah kerja yang telah diserahkan kepada PHI, yaitu WK Mahakam, WK Sanga Sanga dan WK Kalimantan Timur & Attaka.

Kami menjalankan operasi migas di wilayah Kalimantan, khususnya Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Utara melalui PT Pertamina Hulu Mahakam, PT Pertamina Hulu Sanga Sanga, PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur, PT Pertamina Hulu West Ganal, PT Pertamina EP Aset 5, dan afiliasi lainnya.

Tahun 2020, PHI memproduksi rata-rata sekitar 51,7 ribu barel minyak per hari (MBOPD) dan 727,5 juta meter standar kaki kubik gas per hari (MMSCFD) yang setara dengan sekitar 13% dan 28% produksi minyak dan gas Pertamina.

Dengan komitmen yang tinggi lebih dari 2800 pekerja yang memiliki pengalaman global dan kinerja unggul, kami terus melakukan berbagai inovasi teknologi dan kreativitas, inisiatif efisiensi, sinergi dan kolaborasi dengan anak perusahaan Pertamina lainnya sehingga dapat terus menghasilkan energi bagi Indonesia dan menciptakan nilai bagi seluruh pemangku kepentingan terutama Pemerintah dan rakyat Indonesia.

Untuk mencapai visi PHI menjadi “Perusahaan Minyak dan Gas Bumi Kelas Dunia”, PHI senantiasa melaksanakan misinya yaitu pengelolaan aset dan portofolio usaha minyak dan gas bumi secara efisien, efektif, profesional dan berdaya laba tinggi, serta memberikan nilai tambah bagi para pemangku kepentingan. Sebagai korporasi modern, PHI menjalankan prinsip-prinsip Tata Kelola Perusahaan Yang Baik dan nilai-nilai PT Pertamina (Persero), yaitu Clean, Competitive, Confident, Customer Focus, Commercial dan Capable (6C). Selain itu, PHI pun menjalankan program-program tanggung jawab sosial perusahaan di bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan lingkungan.

PHI meyakini bahwa upaya-upaya yang dilakukan dalam mengelola operasi migas memerlukan kerjasama dan kemitraan yang kuat dengan seluruh pemangku kepentingan. Oleh karena itu, PHI senantiasa memelihara hubungan yang harmonis dengan seluruh pemangku kepentingan agar PHI mampu secara berkelanjutan menghasilkan energi untuk memenuhi kebutuhan nasional sekaligus berkontribusi bagi pendapatan negara dan pembangunan nasional.

PT Pertamina Hulu Indonesia saat ini mengelolaan 4 (empat) Wilayah Kerja eks terminasi yaitu:

PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM)

Efektif beroperasi pada:
1 Januari 2018

Selengkapnya

PT Pertamina Hulu Attaka (PHA)

Efektif beroperasi pada:
1 Januari 2018

Selengkapnya

PT Pertamina Hulu Sanga Sanga (PHSS)

Efektif beroperasi pada:
8 Agustus 2018

Selengkapnya

PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT)

Efektif beroperasi pada:
25 Oktober 2018

Selengkapnya

SEJARAH PERUSAHAAN

Pertamina Hulu Indonesia (PHI) dan anak-anak perusahaannya didirikan berdasarkan peraturan dan perundang-undangan di Indonesia yang diawali dengan pendirian PHI pada tanggal 28 Desember 2015.

28 Desember 2015

PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI)

Didirikan pada tanggal 28 Desember 2015 sesuai dengan akta Pendirian Perseroan Terbatas yang dibuat oleh Notaris Lenny Ishak, SH., No.39. PT PHI mulai efektif menjalankan fungsi sebagai operation holding company, saat dibentuk Tim Persiapan Pengelola WK Mahakam (TPPM) pada tanggal 2 Agustus 2016. Pemegang saham PHI yaitu PT Pertamina (Persero) sebesar 99,93% dan PT Pertamina Pedeve Indonesia sebesar 0,07%.
29 Desember 2015

PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM)

Didirikan pada tanggal 29 Desember 2015 sesuai dengan akta Pendirian Perseroan Terbatas yang dibuat oleh Notaris Lenny Ishak, SH., No.40. PT PHM mulai efektif mengelola blok Mahakam sejak 1 Januari 2018.
27 Juli 2017

PT Pertamina Hulu Sanga Sanga (PHSS)

Didirikan 27 Juli 2017 sesuai dengan akta Pendirian Perseroan Terbatas yang dibuat oleh Notaris Marianne Vincentia Hamdani, SH., No. 20. PT PHSS mulai efektif mengelola blok Sanga Sanga sejak 8 Agustus 2018.
27 Juli 2017

PT Pertamina Hulu Attaka (PHA)

Didirikan pada tanggal 27 Juli 2017 sesuai dengan akta Pendirian Perseroan Terbatas yang dibuat oleh Notaris Marianne Vincentia Hamdani, SH., No. 21. PT PHA mulai efektif mengelola blok Attaka sejak 1 Januari 2018.
20 Maret 2018

PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT)

VISI, MISI dan TUJUAN

Visi PHI menjadi Perusahaan Minyak dan Gas Bumi Kelas Dunia dicerminkan dengan komitmen dan upaya yang sungguh-sungguh oleh seluruh manajemen dan pekerja PHI untuk menjalankan operasi minyak bumi yang selamat, efektif, efisien dan patuh terhadap hukum dan semua peraturan, serta berkinerja unggul.

VISI

Melaksanakan pengelolaan aktivitas Perusahaan Minyak dan Gas Bumi Kelas Dunia

MISI

Melaksanakan aktivitas pengelolaan minyak dan gas bumi dengan mengedepankan langkah untuk menciptakan Nilai Tambah bagi Pemangku Kepentingan melalui paradigma Industri Energi Kelas Dunia, meliputi: Inovasi Teknologi, Fundamental Bisnis yang Kuat dan Keunggulan Operasional.

TUJUAN

Mengendalikan, mengelola aset dan kegiatan usaha bisnis hulu Pertamina di dalam negeri untuk wilayah kerja eks terminasi yang diserahkan oleh Pemerintah kepada PT Pertamina (Persero), kecuali untuk wilayah kerja eks terminasi yang sebelumnya sudah dikelola oleh afiliasi PT Pertamina (Persero).

  @Pertamina