PHI
PROFIL PERUSAHAAN

SIAPA KAMI

PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) merupakan Anak Perusahaan PT Pertamina (Persero) yang didirikan pada tahun 2015 dan bergerak di bidang hulu Minyak dan Gas sebagai operation holding company untuk mengendalikan, mengelola aset, dan kegiatan usaha bisnis hulu PT Pertamina (Persero) di dalam negeri untuk Wilayah Kerja (WK) eks terminasi yang diserahkan oleh Pemerintah kepada Pertamina, kecuali untuk WK eks terminasi yang sebelumnya sudah dikelola oleh anak perusahaan Pertamina lainnya.

Pada tahun 2018, PHI, melalui 4 (empat) Anak Perusahaannya, yaitu PT Pertamina Hulu Mahakam, PT Pertamina Hulu Attaka, PT Pertamina Hulu Sanga Sanga, dan PT Pertamina Hulu Kalimatan Timur, mengelola WK Mahakam, WK Sanga Sanga, dan WK East Kalimantan & Attaka yang semuanya berada di wilayah Provinsi Kalimantan Timur.

PHI bersama-sama Anak Perusahaannya menghasilkan produksi minyak bumi sebesar 49,1 ribu barel minyak per hari dan berkontribusi sebagai sepuluh besar penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia. Sementara itu produksi gas PHI sebesar 929 juta standar kaki kubik per hari merupakan salah satu produksi gas terbesar dan menyumbang lebih dari 10% produksi gas nasional.

Wilayah kerja PHI merupakan lapangan-lapangan migas yang sudah tua sehingga memerlukan perlakuan yang khusus, seperti aplikasi teknologi mutakhir dan investasi biaya yang tinggi. Namun, peluang dan tantangan ini dihadapi PHI dengan sikap optimis melalui beberapa strategi utama, yaitu [1] Improve Performance (Volume dan Value): Increase Reserves / Production & Cost Control, [2] Optimize Capex Portfolio: Cluster Development, Economic size improvement, [3] Actions For Growth (Asset Portofolio): Rejuvenation, Exploration Campaign, dan [4] High Impact Projects: East Kalimantan Business System, supporting RU-V.

Dalam menjalankan operasi migasnya, PHI senantiasa menempatkan keselamatan pekerja, operasi, fasilitas, dan lingkungan sebagai prioritas dalam rangka mencapai lingkungan kerja yang nihil kecelakaan. PHI mengembangkan sistem Health, Safety, Security, Environment & Quality (HSSEQ) yang terintegrasi ke dalam seluruh kegiatan operasi PHI dan Anak Perusahaan PHI. Selain itu, PHI juga menempatkan pengelolaan SDM di barisan depan dalam perencanaan strategi bisnisnya. Untuk itu, strategi pengembangan SDM terintegrasi dengan strategi bisnis perusahaan. Tujuannya adalah agar perusahaan mampu mengembangkan dan mengalokasikan sumber daya yang dapat memberikan keunggulan kompetitif dan budaya kerja yang positif. Seiring dengan perkembangan usaha, total pekerja PHI dan anak perusahaan mencapai 5.610 pekerja dimana PHI sendiri memiliki sebanyak 87 pekerja yang seluruhnya ditempatkan di Kantor Pusat PHI di Jakarta.

Untuk mencapai visi PHI menjadi “Perusahaan Minyak dan Gas Bumi Kelas Dunia”, PHI senantiasa melaksanakan misinya yaitu pengelolaan aset dan portofolio usaha minyak dan gas bumi secara efisien, efektif, profesional dan berdaya laba tinggi, serta memberikan nilai tambah bagi para pemangku kepentingan. Sebagai korporasi modern, PHI menjalankan prinsip-prinsip Tata Kelola Perusahaan Yang Baik dan nilai-nilai PT Pertamina (Persero), yaitu Clean, Competitive, Confident, Customer Focus, Commercial dan Capable (6C). Selain itu, PHI pun menjalankan program-program tanggung jawab sosial perusahaan di bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan lingkungan.

PHI meyakini bahwa upaya-upaya yang dilakukan dalam mengelola operasi migas memerlukan kerjasama dan kemitraan yang kuat dengan seluruh pemangku kepentingan. Oleh karena itu, PHI senantiasa memelihara hubungan yang harmonis dengan seluruh pemangku kepentingan agar PHI mampu secara berkelanjutan menghasilkan energi untuk memenuhi kebutuhan nasional sekaligus berkontribusi bagi pendapatan negara dan pembangunan nasional.

PT Pertamina Hulu Indonesia saat ini mengelolaan 4 (empat) Wilayah Kerja eks terminasi yaitu:

PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM)

Efektif beroperasi pada:
1 Januari 2018

Selengkapnya

PT Pertamina Hulu Attaka (PHA)

Efektif beroperasi pada:
1 Januari 2018

Selengkapnya

PT Pertamina Hulu Sanga Sanga (PHSS)

Efektif beroperasi pada:
8 Agustus 2018

Selengkapnya

PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT)

Efektif beroperasi pada:
25 Oktober 2018

Selengkapnya

SEJARAH PERUSAHAAN

Pertamina Hulu Indonesia (PHI) dan anak-anak perusahaannya didirikan berdasarkan peraturan dan perundang-undangan di Indonesia yang diawali dengan pendirian PHI pada tanggal 28 Desember 2015.

28 Desember 2015

PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI)

Didirikan pada tanggal 28 Desember 2015 sesuai dengan akta Pendirian Perseroan Terbatas yang dibuat oleh Notaris Lenny Ishak, SH., No.39. PT PHI mulai efektif menjalankan fungsi sebagai operation holding company, saat dibentuk Tim Persiapan Pengelola WK Mahakam (TPPM) pada tanggal 2 Agustus 2016. Pemegang saham PHI yaitu PT Pertamina (Persero) sebesar 99,93% dan PT Pertamina Pedeve Indonesia sebesar 0,07%.
29 Desember 2015

PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM)

Didirikan pada tanggal 29 Desember 2015 sesuai dengan akta Pendirian Perseroan Terbatas yang dibuat oleh Notaris Lenny Ishak, SH., No.40. PT PHM mulai efektif mengelola blok Mahakam sejak 1 Januari 2018.
27 Juli 2017

PT Pertamina Hulu Sanga Sanga (PHSS)

Didirikan 27 Juli 2017 sesuai dengan akta Pendirian Perseroan Terbatas yang dibuat oleh Notaris Marianne Vincentia Hamdani, SH., No. 20. PT PHSS mulai efektif mengelola blok Sanga Sanga sejak 8 Agustus 2018.
27 Juli 2017

PT Pertamina Hulu Attaka (PHA)

Didirikan pada tanggal 27 Juli 2017 sesuai dengan akta Pendirian Perseroan Terbatas yang dibuat oleh Notaris Marianne Vincentia Hamdani, SH., No. 21. PT PHA mulai efektif mengelola blok Attaka sejak 1 Januari 2018.
20 Maret 2018

PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT)

VISI, MISI dan TUJUAN

Visi PHI menjadi Perusahaan Minyak dan Gas Bumi Kelas Dunia dicerminkan dengan komitmen dan upaya yang sungguh-sungguh oleh seluruh manajemen dan pekerja PHI untuk menjalankan operasi minyak bumi yang selamat, efektif, efisien dan patuh terhadap hukum dan semua peraturan, serta berkinerja unggul.

VISI

Melaksanakan pengelolaan aktivitas Perusahaan Minyak dan Gas Bumi Kelas Dunia

MISI

Melaksanakan aktivitas pengelolaan minyak dan gas bumi dengan mengedepankan langkah untuk menciptakan Nilai Tambah bagi Pemangku Kepentingan melalui paradigma Industri Energi Kelas Dunia, meliputi: Inovasi Teknologi, Fundamental Bisnis yang Kuat dan Keunggulan Operasional.

TUJUAN

Mengendalikan, mengelola aset dan kegiatan usaha bisnis hulu Pertamina di dalam negeri untuk wilayah kerja eks terminasi yang diserahkan oleh Pemerintah kepada PT Pertamina (Persero), kecuali untuk wilayah kerja eks terminasi yang sebelumnya sudah dikelola oleh afiliasi PT Pertamina (Persero).

  @Pertamina

Website Security Test